Friday, March 26, 2010

Sigtran (signalling transport)

Sigtran (signaling transport), adalah semacam protokol khusus pelayanan datagram yang dapat dipercaya (realiable) dalam SS7 (signaling system) dan ISDN komunikasi protokol.

Protokol ini mendukung aplikasi dan paradigma  manajemen SS7 menggunakan IP transport yang disebut Stream Control Transmission Protocol (SCTP).


Sigtran sangat berpengaruh dalam telekomunikasi dan digunakan dalam VoIP networks pada PSTN mengenai signaling aplikasi.

Apakah SCTP??

Berbagai perangkat yang ada di jaringan tradisional PSTN (TDM) harus dapat berkomunikasi dengan perangkat-perangkat yang ada di jaringan IP. Untuk itu, berbagai protokol yang ada di PSTN harus dapat dilewatkan pada jaringan IP.Untuk dapat melakukan hal tersebut maka dibuatlah suatu fungsi pemetaan atau translasi yang akan memetakan protokol-protokol tersebut kedalam jaringan IP.
Fungsi pemetaan inilah yang dilakukan oleh suatu protokol yang disebut Signalling Transport (Sigtran). Pada Sigtran terdapat suatu layer adaptasi yang diberi nama SCTP. SCTP inilah sebenarnya yang melakukan fungsi pemetaan pada protokol Sigtran.

Semua fungsi pemetaan diatur oleh suatu standar dunia yang dikeluarkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF) yang disebut dengan Signalling Transport (Sigtran). Sigtran  dipergunakan sebagai protokol Interworking antara jaringan PSTN dengan jaringan IP. Protokol Sigtran menyediakan seluruh fungsi yang dibutuhkan untuk mendukung signalling TDM (PSTN) over IP, termasuk diantaranya :

- Flow control
- In-sequence delivery of signalling message
- Identifikasi originating dan terminating signalling point
- Identifikasi sirkit voice
- Error detection, retransmission, dan prosedur error correction lain
- Kontrol untukmenghindari kongesti pada internet
- Deteksi status entity
- Mendukung mekanisme keamanan dari informasi signalling

Gambar berikut ini adalah protokol stack Sigtran, dimana IP, SCTP dan adaptation protocol adalah model dari Sigtran Acrhitecture.


SCTP layer yang terletak antara layer user adaptation dan layer IP di dalam protokol Sigtran. Layer ini dirancang untuk menyediakan aplikasi protokol transmisi.
Berikut ini adalah selengkapnya layer SCTP.


 

Secara sekilas proses aliran data dalam protokol SCTP dapat digambarkan seperti dibawah ini.



 

Di dalam SCTP segala pesan akan dipotong-potong kedalam paket –paket yang lebih kecil oleh SCTP Data Chunk. Data Chunk ini akan dikirimkan ke SCTP Packet untuk digabungkan dengan Control Chunk menjadi sebuah paket SCTP tunggal. Paket tersebut akan dikirimkan ke MGC melalui jaringan IP.
Di penerima (MGC) paket-paket data tersebut akan dipisahkan kembali menjadi kumpulan data dan control. Kumpulan data tersebut akan disusun kemali sesuai pesan/informasi aslinya.

No comments:

Post a Comment