Tuesday, May 25, 2010

Teknologi Metro Ethernet

Mengapa teknologi MEN ?

Jaringan Metro Ethernet, secara harfiah kita dapat mengartikan bahwa MEN merupakan jaringan komunikasi data yang berskala metro (skala untuk
menjangkau satu kota besar seperti Jakarta) dengan menggunakan teknologi Ethernet sebagai protokol transportasi datanya. 

Dapat juga kita mendefinisikan teknologi Metro Ethernet Network merupakan salah satu perkembangan dari teknologi Ethernet yang dapat menempuh jarak yang luas berskala perkotaan dengan dilengkapi berbagai fitur yang seperti terdapat pada jaringan Ethernet umumnya.

Sehingga jaringan yang berskala metro dapat dibentuk dengan menggunakan teknologi Ethernet biasa.

Bagaimana prinsip kerja jaringan MEN?

Untuk melakukan upgrade atau downgrade terhadap servis yang diinginkan, hampir tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan lagi untuk prosesnya. Jika sewaktu-waktu Anda ingin upgrade, hanya tinggal minta saja pada pihak penyedia jasa, begitu juga untuk downgrade. Anda tidak perlu mengganti perangkat atau membayar media lain untuk itu.

Untuk melakukan upgrade downgrade bandwidth pun Anda tidak perlu menunggu berminggu bahkan berbulan-bulan lamanya seperti halnya yang terjadi pada koneksi leased line atau koneksi lainnya. Proses upgrade downgrade ini tidak akan melibatkan media fisik dari servis ini. Perangkat-perangkat yang digunakan pun tidak perlu diganti dalam proses ini.

Selain itu, pihak penyedia jasa juga tidak perlu menurunkan engineer untuk melakukan upgrade downgrade ini. Semua bisa dilakukan secara logika dan dalam waktu sekejap saja.

2 comments: